Mengapa Puting Susu Sakit ketika Hamil? Ini Penyebabnya

Mengapa Puting Susu Sakit ketika Hamil? Ini Penyebabnya

Pertama-tama, selamat karena Anda berhasil menjadi calon ibu. Meski baru jalan beberapa pekan, puting susu bisa saja merasakan efek nyeri. Jadi, saat puting sakit apakah tanda hamil? Betul. Salah sebabnya memang karena hamil. Efek nyeri bisa terjadi karena sebab-sebab berikut ini.

Payudara Tengah Tumbuh karena Aktivitas Produksi ASI

Perubahan ini memang belum begitu terasa ketika di awal kehamilan. Tapi sebagian ibu yang hamil merasakannya. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas produksi ASI. Dari bulan ke bulan, nanti efeknya lebih terasa. Ukuran payudara pun membesar seiring waktu. Bisa jadi pembesaran tersebut terjadi hingga dua kali lipat. Apalagi saat proses menyusui.

Produksi Hormon Estrogen serta Progesteron

Biasanya, ketika dua jenis hormon ini lagi aktif-aktifnya diproduksi, timbul rasa sakit. Memang tidak terjadi setiap saat. Kadang dibarengi dengan efek lain seperti agak gatal. Efek lainnya adalah meningkatnya sensitivitas ketika dirangsang maupun disentuh. Berhubung awal hamil lebih banyak efek sakit di bagian lain, rasa nyeri pada puting tidak begitu terasa.

Adanya Penumpukan Lemak

Saat lagi hamil, memang kerap dianjurkan untuk sering-sering memenuhi kebutuhan akan nutrisi. Sebab, calon bayi memerlukan asupan gizi maksimal untuk terus tumbuh di dalam rahim. Tapi bukan berarti harus banyak makan. Alhasil, lemak menumpuk di berbagai area. Tidak terkecuali dengan area puting payudara sehingga menimbulkan rasa sakit.

Hal ini terjadi juga pada wanita yang tidak hamil dengan kondisi serupa. Jadi, puting sakit apakah tanda hamil atau bukan? Tergantung situasinya. Oleh karena itu, selama hamil, banyak-banyak mengonsumsi minyak ikan, daging berlemak rendah, sayur, buah, serta kacang-kacangan. Kemudian beberapa bulan sekali lakukan check-up ke bidan setempat.

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Nyeri pada Area Puting?

Begitu area puting terasa nyeri, sebaiknya beli BH atau bra dengan bahan yang lentur. Biar saat menjalani hari demi hari bisa lebih nyaman. Selain itu, saat sensitivitas naik, tentu harus dibarengi dengan upaya untuk menenangkannya. Pilih bahan yang mudah melar dan jangan lupa gunakan bra yang ada kawatnya di bagian bawah.

Cara lainnya dengan sering-sering peka terhadap kondisi payudara sendiri. Selama bekerja, pikiran dan hati memang disibukkan dengan beragam aktivitas. Tapi jangan lupa, bahwa tubuh Anda juga memerlukan perhatian khusus. Ketika tahu kondisi yang tengah dialami, maka proses penanganannya juga lebih tepat.

Oh, iya. Soal bra tadi, sebaiknya pilih sport bra yang berasal dari bahan katun. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit yang mendera ketika di malam hari. Soalnya butuh waktu untuk istirahat juga, kan? Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah berkurangnya gesekan payudara ketika lagi tidur.

Jadi jelas, ya bahwa puting sakit apakah tanda hamil atau bukan itu bisa Anda cermati lewat uraian di atas. Sakitnya puting payudara bisa karena hamil, bisa juga efek lain. Segera lakukan penanganan khusus agar tidak muncul penyebab lain yang bisa bikin payudara lebih sakit lagi. Penuhi setiap kebutuhan Anda selama hamil dengan berbelanja di Orami.

shares